Cara Mudah Memperkirakan Anggaran Beriklan Di Google Ads

Pada artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana memperkirakan anggaran beriklan di Google Ads. Ini adalah salah satu topik yang populer dan cukup banyak ditanyakan ketika kita menjalan Google Ads.

Maka tidak mengherankan jika Anda mencarinya di Google, ada cukup banyak website yang membahas tentang hal ini. Kami juga akan membahas hal yang sama, namun dengan cara dan perspektif yang berbeda.

Dengan menggunakan cara yang kami bahas di sini, Anda akan lebih mudah dalam memperkirakan anggaran beriklan di Google Ads.

Cara Mudah Memperkirakan Anggaran Beriklan Di Google Ads

Sebelum kita memperkirakan anggaran beriklan di Google Ads, kita perlu menentukan 5 hal berikut ini terlebih dahulu.

  • Jumlah kata kunci
  • Volume pencarian per kata kunci per bulan dan turunannya
  • Biaya per klik yang disarankan Google
  • Ekspektasi CTR

Jumlah Kata Kunci

Hal pertama yang perlu Anda tentukan adalah jumlah kata kunci. Dalam menentukan kata kunci untuk beriklan di Google Ads dan untuk SEO itu berbeda.

Pada SEO kita bisa memilih sebanyak mungkin keyword kemudian kita lakukan optimasi supaya muncul di halaman pertama Google.

Tetapi dalam beriklan di Google Ads Anda bisa memilih banyak kata kunci, namun itu juga akan berpengaruh terhadap anggaran iklan Anda. Semakin banyak jumlah kata kunci yang Anda pilih, jika itu menghasilkan klik maka akan semakin banyak biaya iklan yang harus Anda bayarkan.

Maka dari itu kita perlu bijak dalam menentukan kata kunci dan jumlahnya. Anda bisa memilih kata kunci yang punya potensi menghasilkan konversi paling cepat. Alasannya ketika terjadi penjualan, keuntungannya bisa segera Anda putar, baik itu untuk operasional maupun untuk menambah budget beriklan.

Pada artikel ini kami contohkan mengambil 1 kata kunci saja yaitu :

  • Sepatu kets

Volume pencarian per kata kunci per bulan dan turunannya

Setelah Anda menentukan kata kunci dan jumlahnya, kita akan mengukur berapa volume pencarian per bulan dari setiap kata kunci yang Anda tentukan.

Caranya sangat mudah, Anda bisa menggunakan tools yang bernama Ubersuggest. Anda tinggal masukkan kata kuncinya, pilih bahasa Indonesia kemudian klik tombolnya. Anda akan segera mendapatkan data berapa volume pencarian per bulannya.

Kemudian hasilnya sebagai berikut :

Berdasarkan data di atas, volume pencarian untuk kata kunci “sepatu kets” adalah 40.500 pencarian per bulan.

Biaya per klik yang disarankan Google

Langkah ketiga yang perlu Anda siapkan adalah biaya per klik dari setiap kata kunci yang disarankan oleh Google. Untuk mengetahuinya Anda bisa menggunakan tools Ubersuggest.

Caranya masih sama dengan cara di atas, hanya saja sekarang fokusnya ke kolom CPC.

Di sana Anda bisa melihat CPC untuk “sepetu kets” adalah Rp935,44.

Ekspektasi CTR

CTR itu adalah Click Through Rate atau perbandingan antara jumlah klik terhadap jumlah tayang iklan. Misal jumlah tayang iklannya adalah 100, yang klik ada 10 orang maka CTR nya adalah (10/100)*100%= 10%.

Untuk ekspektasi CTR adalah harapan Anda terhadap CTR. Untuk besarannya bebas, silakan Anda tentukan sendiri. Untuk contoh, kami menentukan ekspektasi CTR nya sebesar 10%.

Menghitung

Setelah 4 hal di atas kita tentukan, langkah berikutnya adalah menghitungnya. Untuk menghitung perkiraan anggaran per kata kunci rumusnya adalah :

Perkiraan Anggaran Iklan = Volume Penelusuran Bulanan x Biaya Per Klik x Ekspektasi CTR

Sehingga kalau dimasukkan ke dalam rumus, untuk kata kunci “sepatu kets” adalah sebagai berikut :

Perkiraan Anggaran Iklan Kata Kunci Sepatu Kets = 40.500 x 935,44 x 10% = Rp3.788.532.

Angka di atas untuk periode 1 bulan adalah Rp3.788.532. Sedangkan untuk per hari nya adalah Rp126.285/ per hari. 

Seperti itulah cara menghitung perkiraan anggaran beriklan di Google Ads. Jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang Google Ads dan bagaimana cara mengoptimalkan anggaran untuk mendapatkan lebih banyak hasil, Anda bisa mengikuti training yang bernama Google Ads Lead Geneation (GALG).

GALG adalah sebuah program kelas online dari KIRIM.EMAIL yang diselenggarakan secara intensif selama 7 hari. Di GALG Anda akan belajar banyak hal tentang bagaimana mendatangkan calon pembeli dari Google Ads dengan cara yang sudah teruji keberhasilannya.

Tidak hanya itu, di GALG Anda juga akan belajar tentang bagaimana mendatangkan calon pembeli dari Google Ads dengan biaya semurah mungkin dan secara konsisten ke bisnis Anda.

Segera daftar karena kelas pertama akan dimulai pada 1 Agustus 2019. Untuk mendaftarnya silakan klik https://kirim.email/galg.

Facebook Comments