fbpx

Episode 12 – 5 Cara Meningkatkan Keuntungan Dengan Email Marketing

Kembali berjumpa lagi di KEPO-KIRIM.EMAIL Podcast. Pada episode ini kita akan membahas tentang 5 Cara Meningkatkan Keuntungan Dengan Email Marketing. Dan Alhamdulillah saat saya rekam KEPO-KIRIM.EMAIL Podcast Episode 12 ini buku ke 4 saya yang berjudul Kirim Email Aja sudah terbit dan Anda bisa melakukan pemesanan melalui https://kirim.email/buku

Dengarkan KIRIM.EMAIL Podcast di aplikasi favorit Anda sekarang

Kenapa buku tentang email marketing?

Mungkin anda bertanya, kenapa tema buku yang saya tulis tentang email marketing?

Jawabannya adalah karena dulu waktu belajar email marketing, saya cari di gramedia buku yang membahas email marketing tidak ada. Kalaupun ada, isinya kurang begitu bagus dan tidak seperti yang saya harapkan. Maaf siapapun yang menulis tentang emai marketing saya tidak bisa belajar banyak dari buku yang Anda tulis.

Karenanya di sini saya berusaha bikin buku yang kalau saya mundur dulu, saya akan bilang ibu buku yang ingin saya baca dan inilah buku yang selama ini saya cari.

Ada satu quote yang mengilhami saya tergerak untuk menulis buku, dan quote itu berbunyi seperti ini :

Episode 12 - 5 Cara Meningkatkan Keuntungan Dengan Email Marketing - 3

Gambaran besar buku KIRIM EMAIL Aja

Ada banyak yang nanya ke saya tentang bocoran isi bukunya. Padahal di fanpage KIRIM.EMAIL sudah saya berikan daftar isi dan tampilan bab dalamnya. Nah untuk itu silakan Anda cek daftar isi maupun tampilan bab di sini => https://kirim.email/buku-kirim-email-aja-buku-panduan-email-marketing-untuk-pemula/.

Dan untuk melengkapi hal tersebut pada episode kali ini saya akan share garis besar atau gambaran besar dari buku KIRIM EMAIL Aja dan yang paling penting adalah bagaimana buku KIRIM EMAIL Aja  bisa membantu anda seperti buku ini membantu saya banget.

Dari dulu ada sebuah konsep yang saya pelajari dari sebuah buku. Konsep itu masih saya pegang dan saya jalankan hingga saat ini. Nama bukunya adalah INSTANT CASHFLOW karya Brad Sugars. Di dalam buku tersebut mengajarkan sebuah konsep yang bernama Business Chassis.

BACA JUGA :   Episode 3 – 1 Teknik Membaca Buku yang Sangat Efektif
buku_instant_cashflow_action_coach cara meningkatkan keuntungan

Dan konsep Business Chassis ini lah yang saya bawa ke email marketing. Dalam buku tersebut membahas tentang 5 cara meningkatkan keuntungan dalam bisnis. Tapi karena itu bersifat umum dan tidak dalam frame work bisnis online, sehingga tidak ada contoh yang revelan dengan dunia online saat ini.

Sebagai rasa terima kasih saya pada Brad Sugars karena sudah menciptkan konsep ini, saya meneruskan konsep ini baik ke tim kirim email, di seminar, webinar, dan termasuk di buku saya yang ke-4, KIRIM.EMAIL Aja.

5 Cara Meningkatkan Keuntungan Dengan Email Marketing

Agar sebuh bisnis bisa bertumbuh, mau gak mau harus profit. Agar bisa profit Anda perlu mendapatkan revenue atau pemasukan. Dan agar punya pemasukan bisnis Anda harus punya pembeli. Ini 3 hal yang harus kita sepakat dulu.

Ternyata 3 hal ini tidak bisa kita kendalikan. Anda tidak percaya? Silakan jawab pertanyaan berikut ini :

  • Bisakah hari ini Anda mengendalikan berapa pembeli yang masuk?
  • Bisakah Anda mengendalikan omset Anda berapa?
  • Dan bisakah Anda mengendalikan profit, dimana 2 faktor penentunya tidak bisa Anda kendalikan?

Itu beararti sesuatu yang tidak bisa kita kendalikan itu adalah sebuah hasil/ impact. Bukan penyebab.

Sebagai contoh secangkir kopi susu. Itu merupakan hasil dari suatu proses mulai dari tanam bji kopi hingga penyeduhan kopi. Begitu juga dengan pembeli. Tidak ada pembeli yang langsung datang tanpa melewati proses dulu.

Lalu kalau 3 hal itu tidak bisa dikendalikan apa donk yang bisa? Jawabannya ada 5 yang bisa kita kendalikan, diantaranya :

  1. Leads/ Prospek
  2. Conversion Rate
  3. Jumlah Rata-rata Transaksi Tiap Bulan
  4. AOV (Average Order Value)
  5. Margin

1. Leads/ Prospek

BACA JUGA :   Episode 38 – Formula Rahasia Untuk Sales

Leads atau prospek adalah orang yang tertarik untuk membeli produk atau merek Anda. Contoh nya Anda beriklan di Facebook sehari Rp. 100.000 dan mendapatkan 300 leads. Maka kalau kita ingin mendapatkan 600 leads dalam sehari maka Anda bisa meningkatkan budget iklan Anda menjadi Rp. 200.000. Ini hanya untuk contoh saja. Kenyataanya di Facebook tidak seperti ini. Bisa lebih tinggi, bisa juga lebih rendah, tergantung banyak hal.

2. Conversion rate

Untuk mengubah lead menjadi pembeli, Anda perlu melakukan sebuah proses konversi. Dan perbandingan antara jumlah pembeli dengan jumlah leads ini yang ini dinamakan conversion rate.

Sebagai contoh, bila leads yang masuk 300 dan dari 300 itu yang jadi membeli adalah 30 orang maka conversion rate Anda adalah (30/300 *100%) = 10%.

3. Jumlah rata-rata transaksi per bulan

Misalkan si A adalah pembeli anda. untuk bisa meningkatkan keuntungan, Anda perlu mencatat berapa kali si A ini berbelanja dalam 1 bulannya. Kita ambil contoh jumlah rata-rata transaksi tiap bulan adalah 1.

4. AOV (Average Order Value)

AOV adalah nilai rata-rata jumlah pembelian dari setiap pembeli. Dan kita ambil contoh AOV ini adalah Rp. 100.000.

Tentang Revenue / Pendapatan

Dari contoh di atas kita sudah mendapatkan data :

  • Jumlah pembeli
  • rata transaksi
  • AOV

Dari 3 data diatas kita bisa mendapatkan rumus menghitung revenue/ pendapatan.

Revenue = Jumlah pembeli * rata transaksi * AOV

Untuk mengetahui berapa revenue Anda, tinggal kita masukkan angka dalam rums di atas. Jadi revenue Anda adalah 30 (Pembeli) * 1 (Rata-rata transaksi tiap bulan) * Rp. 100.000 (AOV) = Rp. 3.000.000.

5. Margin

Margin adalah selisih dari harga jual dengan biaya. Misalkan kita ambil contoh margin yang Anda ambil adalah 10%.

BACA JUGA :   Episode 60 – 4 Pelajaran Dari 4 Tahun KIRIM.EMAIL

Keuntungan

Dari perhitungan di atas maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah 10% * Rp. 3.000.000 = Rp. 300.000.

Kesimpulan

Kalau Anda ingin menambah keuntungan maka inilah yang perlu Anda lakukan :

  • Menambah jumlah Leads. Misal bulan ini Leads yang masuk ada 3000 leads,maka bulan berikutnya harus lebih dari 3000 orang. Cara termudahnya adalah dengan menambah budget iklan.
  • Meningkatkan Conversion Rate-nya. Misalkan bulan ini Conversion rate nya adalah 10% maka bulan depan harus lebih dari 10%. Cara termudahnya adalah dengan mengganti copywriting, mengganti landing page, memperbaiki pelayanan di CS, dan lain sebagainya.
  • Memperbanyak jumlah rata-rata transaksi. Misalkan bulan ini rata-rata satu orng hanya membeli 1x, maka bulan berikutnya harus lebih dari 1x. Cara termudanya adalah dengan memberikan diskon atau voucher yang dibatasi tanggal. Tujuannya supaya pembeli datang lagi di tanggal yang sudah kita tentukan.
  • Meningkatkan AOV. Kalau bulan ini AOV nya adalah Rp. 100.000 maka bulan berikutnya harus lebih dari Rp. 100.000. Cara termudahnya adalah dengan melakukan cross selling dan up selling.
  • Dan yang terakhir adalah menambah margin. Kalau bulan ini marginnya 10% maka bulan depan harus lebih dari 10%. Cara termudahnya adalah dengan menaikkan harga atau mengurangi biaya.

Cara – cara yang saya sebutkan itu adalah cara paling mudah. Ada lebih banyak cara dan lebih detail sudah saya tuliskan dalam buku KIRIM EMAIL Aja. Dan cara-cara yang saya sebutkan semuanya bisa dilakukan dengan email.

Satu lagi, ibarat mancing tanpa alat pancing, Anda tidak bisa belajar email marketing tanpa aplikasinya. Maka dari itu khusus untuk Anda yang beli buku KIRIM EMAIL Aja kami berikan bonus akses layanan email marketing KIRIM.EMAIL secara gratis.

Silakan beli bukunya, dapetin bonusnya dan praktekin ilmu nya, Insya Allah Anda mendapatkan hasilnya.

https://kirim.email/buku

Jika ada pertanyaan, saran atau kritik, silakan tulis di kotak komentar di bawah ini. Dan bagikan tulisan ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Artikel tentang 5 Cara Meningkatkan Keuntungan Dengan Email Marketing ini dipersembahkan oleh KIRIM.EMAIL – Layanan Email Marketing dan Autoresponder Terbaik di Indonesia.

Fikry Fatullah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *